Ketua Dpr Berbunga-Bunga Lihat Hampir Semua Dingklik Paripurna Terisi

Ketua dewan perwakilan rakyat Berbunga-bunga Lihat Hampir Semua Kursi Paripurna TerisiRapat paripurna DPR, Senin (7/1/2019) (Marlinda Oktavia/detikcom)

Jakarta -DPR menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang III hari ini. Ketua dewan perwakilan rakyat Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut hampir semua dingklik ketika paripurna terisi, dan hal itu membuatnya senang.

"Hari ini hati aku berbunga-bunga. Bukan apa-apa, alasannya ialah aku lihat hampir seluruh dingklik terisi," ujar Bamsoet di Ruang Rapat Paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/1/2019), yang disambut riuh tepuk tangan anggota Dewan yang hadir.


Bamsoet berharap tahun yang gres ini lebih mendorong semangat anggota dewan perwakilan rakyat untuk menghadiri rapat. Meski demikian, menurutnya, ketidakhadiran anggota Dewan bukan sebagai bentuk kemalasan, melaikan alasannya ialah sedang bekerja di tempat pemilihan (dapil) masing-masing.

"Mudah-mudahan 2019 merupakan tahun yang mendorong semangat kita, semangat baru, dan setiap hari kursi-kursi, yang selama ini kita dikritik, itu terisi. Walaupun kita tahu bahwa kosong itu bukan berarti kita bolos, tapi kita juga bekerja di dapil kita masing-masing," tuturnya.

Dalam paripurna pembukaan masa sidang ini, sebanyak 310 anggota dewan perwakilan rakyat tak hadir. Berdasarkan daftar hadir, sebanyak 250 dari 560 anggota dewan perwakilan rakyat hadir. Sementara 48 anggota mengajukan izin.


Berikut ini ketidakhadiran paripurna penutupan dewan perwakilan rakyat hari ini:

Fraksi PDIP: 43 dari 109 anggota
Fraksi Partai Golkar: 40 dari 91 anggota
Fraksi Partai Gerindra: 31 dari 73 anggota
Fraksi Demokrat: 25 dari 61 anggota
Fraksi PAN: 22 dari 48 anggota
Fraksi PKB: 18 dari 47 anggota
Fraksi PKS: 27 dari 40 anggota
Fraksi PPP: 21 dari 39 anggota
Fraksi NasDem: 15 dari 36 anggota
Fraksi Hanura: 8 dari 16 anggota

Total yang hadir: 250 dari 560 anggota
Izin: 48 anggota.

Sumber detik.com

Artikel Terkait