Ma'ruf Amin: Pak Joko Widodo Dan Aku Siap Hadapi Debat Pilpres 2019


Calon Wapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan siap menghadapi debat Pilpres yang akan diselenggarakan pada 17 Januari 2019. Ma'ruf mengaku sudah koordinasi dengan tim bahan debat yang dipimpin eksklusif oleh Erick Thohir.

"Tadi pagi tim bahan debat pasangan Jokowi- Ma'ruf Amin tiba ke sini untuk menunjukkan masukan ihwal persiapan debat. Karena itu, Pak Jokowi dan saya sudah siap untuk mengikuti debat yang akan datang," ujar ia di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2019).

Ma'ruf tak dapat membeberkan siapa saja tim bahan yang tergabung dalam tim pakar Jokowi-Ma'ruf. Namun, ia mengaku sudah meyiapkan jawaban-jawaban soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Semua kita perhatian. Semuanya, tidak ada yang tidak memperoleh perhatian sebab semuanya penting," kata dia.

Terkait dengan adanya kisi-kisi pertanyaan sebelum debat, Ma'ruf Amin sempat menganggap itu hal yang akan memudahkan baginya. Sebab, berdasarkan ia debat Pilpres tak hanya satu atau dua pertanyaan saja.

"Ya memudahkan juga tidak, soalnya pertanyaannya banyak. Siapa yang untuk kita, mana yang untuk pasangan lain, kita belum tahu. Yang dilemparkan ke kita juga kita belum tahu. Cuma memang lebih gampang dibanding tidak ada sama sekali. Tapi juga tidak terlalu mudah," kata dia.

Sebelum menghadapi debat, dirinya dan Jokowi akan meluangkan waktu lebih banyak untuk saling bertemu satu sama lain.

"Ya tentu, harus. Kita juga akan melaksanakan simulasi, pendalaman juga," tandas Ma'ruf. [merdeka.com]

Artikel Terkait