Oded Sinergikan Satgas Anti Rentenir Dan Pemuka Agama

Oded Sinergikan Satgas Anti Rentenir dan Pemuka AgamaWali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung -Wali Kota Bandung Oded M Danial akan terus mendukung aktivitas kerja Satgas Anti Rentenir. Ia menilai keberadaan satgas tersebut sangat baik membantu warga Kota Bandung supaya tak terjerat lintah darat.

Oded menyampaikan selain melaksanakan advokasi satgas juga diberi kiprah untuk training dan edukasi terhadap warga mengenai ancaman meminjam uang pada rentenir. "Mereka ini relawan semua, jumlahnya 55 orang. Kaprikornus selain advokasi, edukasi, mereka juga melaksanakan training secara ekonomi," ujar Oded usai pertemuan dengan satgas di Balai Kota Bandung, Senin (7/1/2019).


Selain itu, keberadaan satgas ini sekaligus biro pemerintah dalam sosialisasi sejumlah aktivitas BPR Kota Bandung ibarat Kredit Melawan Rentenir (Melati) dan Kredit Masjid Sejahtera (Mesra).

"Mang Oded ke depan akan mensinergikan ini dengan kiprah pemuka agama ibarat ustaz dan kiai. Karena rentenir ini selain sebab kebutuhan ekonomi, kadang ada warga yang hobi. Ateul lamun teu nginjeum duit (Gatal jikalau tidak pinjam uang)," kata Oded.

Ketua Harian Satgas Anti Rentenir Kota Bandung Saji Sonjaya menegaskan pihaknya terus melaksanakan advokasi dan edukasi kepada warga. Ia siap untuk berkolaborasi dengan para pemuka agama. Sehingga tidak adanya warga yang meminjam uang ke rentenir.

"Kita selalu edukasi lebih baik menjadi anggota koperasi saja. Selain dapat pinjam uang, dapat simpan juga. Atau ke BPR Kota Bandung untuk proses Kredit Melati dan ke masjid untuk Kredit Mesra," ujar Saji.



Sumber detik.com

Artikel Terkait