Ridwan Kamil Saksikan Evakuasi Two Mayat Korban Longsor Sukabumi

Ridwan Kamil Saksikan Evakuasi two Mayat Korban Longsor SukabumiGubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengecek lokasi longsor di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Sukabumi -Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengecek lokasi longsor Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/1/2019). Didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Danrem 061 Kolonel Inf K Hasan, Emil, sapaan Ridwan, yang mengenakan sepatu bot, langsung masuk ke surface area pencarian dan evakuasi.


Emil terlibat perbincangan serius dengan Bupati Marwan. Sekitar thirty menit kemudian, tiba-tiba suasana mendadak riuh. Sesosok mayat berhasil dievakuasi dari timbunan tanah.

Emil yang awalnya berniat ke posko bantuan, bergegas memposisikan diri memberi jalan lalu mengikuti rombongan pembawa mayat dari belakang hingga ke ruang DVI yang berjarak sekitar 250 meter dari surface area longsor.

Petugas mengevakuasi mayat tertimbun longsor di kampung adat Sukabumi.Petugas mengevakuasi mayat tertimbun longsor di kampung adat Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Belum lima menit di ruang DVI untuk melihat jenazah korban longsor, Emil kembali menyaksikan satu korban longsor terbungkus kantong mayat yang dievakuasi ke ruang DVI. Seorang ibu berkerudung biru datang dan menduga mayat itu sebagai keluarganya. Ibu itu menangis.

Emil lantas meraih ibu tersebut dan mengajaknya duduk. "Keluarga ageungna sadayana sabaraha (keluarga besarnya semua berapa)," tanya Emil berbahasa Sunda.

"Sadayana tujuh, hiji tos di (rumah sakit) Palabuhanratu tinggal Genep jigana eta anu pang ageungna (semuanya tujuh, satu di RS Palabuhanratu, tinggal enam sepertinya itu yang paling besar)," ucapnya merujuk jasad yang baru ditemukan kepada Emil.

"Nuju diidentifikasi heula bilih leupat (sedang identifikasi dulu, takut salah)," ucap Emil.


Emil meminta ibu tersebut untuk menenangkan diri sambil menunggu proses evakuasi. Selain melihat ruang DVI, Emil menyempatkan diri bertemu dengan keluarga korban dan korban selamat dari longsoran.

Dengan ditemukannya dua mayat tersebut, information sementara jumlah korban tewas yang berhasil diangkat dari timbunan sebanyak thirteen orang.


Saksikan juga video 'Proses Evakuasi Korban Longsor Kp Adat Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait